Kimia mengajar  adalah salah satu agenda dari departemen E (Sosial Masyarakat) yang merupakan kegiatan berbagi ilmu kimia kepada siswa-siswi SMA. Kegiatan ini berjutuan untuk memberikan pengetahuan kimia dari kita mahasiswa kimia kepada mereka yang masih sangat membutuhkan. Bermanfaat pula untuk kita sebagai mahasiswa terlebih bagi mahasiswa prodi pendidikan yang sangat berguna untuk melatih proses mengajar dan berinteraksi dengan siswa SMA yang kelak akan kita perlukan ketika menghadapi PPL dan bekerja.

Kimia mengajar 2018 ini masih sama seperti tahun – tahun sebelumnya yaitu dilaksanakan di SMA Pondok Al – Maldani di daerah Pelalangan, Gunungpati, Semarang. Kimia mengajar dilaksanakan selama 2 semester. Pada semester pertama dilaksanakan 2 kali dalam seminggu sebanyak 12 kali dan pada semester kedua hanya dilaksanakan satu kali dalam seminggu sebanyak 12 kali. Kegiatan ini dilaksanakan pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB kita berangkat menuju pondok. Pelaksanaan Kimia Mengajar didampingi oleh tentor yang merupakan mahasiswa umum kimia yang bersedia menjadi volunteer sebagai tentor Kimia Mengajar dan ada pula beberapa pengurus himamia yang ikut serta mendampingi.

Dalam pelaksanakan kimia mengajar tidak hanya melulu tentang memberikan materi pelajaran kimia tetapi juga diselingi dengan penayangan video yang berhubungan dengan materi mereka dan beberapa permainan seru. Antusias dari mereka membangkitkan semangat dari kita untuk senantiasa melakukan kegiatan kimia mengajar setiap minggu. Di akhir periode ditutup dengan kegiatan Closing Kimia Mengajar.

Closing kimia mengajar merupakan acara puncak dari Kimia Mengajar itu sendiri. Pada kegiatan ini kita berbagi keceriaan bersama mereka. Ada pula penyampaian motivasi dari salah satu mahasiswa kimia berprestasi untuk membangkitkan semangat belajar mereka dan diakhir acara ditutup dengan pembagian doorpize dan foto bersama.