Leadership Management of Chemistry (LMC) adalah salah satu Program kerja Departemen D (Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) yang mana berbentuk pelatihan kepemimpinan dan keorganisasian serta pemebentukan karakter bagi mahasiswa yang diwujudkan dalam pemberian materi keorganisasian dan aktualisasinya. LMC 2018 memiliki tujuan menciptakan kader-kader baru yang kompeten untuk memajukan organisasi yang mandiri serta meningkatkan pengetahuan keorganisasian,  dan mengembangkan ketrampilan mahasiswa jurusan kimia. LMC 2018 kali ini mengusung tema “Menggali potensi diri, membangun jiwa kepemimpinan guna mewujudkan generasi yang berkarakter melalui LMC 2018”. Yang mana memiliki makna, dengan adanya LMC ini diharapkan dapat membangun jiwa-jiwa kepemimpinan rasa tanggungjawab, rasa peduli pada mahasiswa kimia dan mempersiapkan mereka sebagai calon-calon pempimpin masa depan yang dapat mengabdi di lingkungan masyarakat kelak.

Kegiatan LMC 2018 berlangsung selama 2 hari dan diikuti oleh 35 Mahasiswa baru Jurusan Kimia. Dimana hari pertama ialah pemberian materi-materi keorganisasian oleh pembicara dan hari kedua ialah training kepanitiaan sebagai aktualisasi dari kegitan di hari pertama. Adapun rinciang kegiatan selama hari pertama yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 13 Oktober dimulai dengan acara pembukaan yang dibuka oleh ketua Himamia 2018 dan dihadiri oleh jajaran Lembaga Kemahasiswaan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, penyampaian materi pengembangan dan pengenalan diri oleh Ibu Tutik Wijayanti, dilanjutkan dengan pemyampaian materi Public Speaking oleh saudara Ganda Febri Kurniawan. Acara selanjutnya penyampaian materi manajaemen sidang oleh saudara Elvan Ardi. Penyampaian materi kepemimpinan oleh saudara Septian Eko Prasetyo dilanjutkan dengan penyampaian materi motivasi oleh Bapak Rudi Salam. Dan yang terakhir penyampaian materi manajemen keorganisasian oleh BPH Himamia 2018. Untuk acara hari kedua yang dilakasanakan pada hari Minggu tanggal 14 Oktober 2018,  ialahh aktualisasi meteri yang telah diberikan pada hari pertama dimana peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan dibagi dalam sebuah kepanitiaan. Dalam kegiatan tersebut mereka belajar bagimana cara mengorganisir suatu acara.

Kegiatan LMC 2018 ini, membuat mahasiswa baru jurusan Kimia menjadi lebih paham dan mengerti arti dari sebuah organisasi. Arti akan pentingnya organisasi di lingkungan kampus. Tujuan akhir dari kegitan LMC ini diharapkan memumbuhkan kader-kader pemimpin baru yang nantinya dapat berkiprah dilingkungan jurusan, fakultas, universitas maupun masyarakat pada umumnya.

 

Gambar: pemberian materi kepemimpinan

Gambar: sesi tanya jawab

Gambar: praktik sidang

gambar: aktualisasi kegiatan