LOMBA KARYA TULIS ILMIAH 2018

LKTI 2018 merupakan salah satu program kerja dari Departemen Penalaran dan Keilmiahan (Departemen A) Himamia FMIPA UNNES. Dengan mengusung tema “Peran Generasi Muda Dalam Mengoptimalkan SDA Berbasis IPTEK untuk Mewujudkan Sustainable Development Goals 2030”. Dilaksanakan dalam ruang lingkup nasional dan terbuka untuk seluruh mahasiswa di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa untuk berpikir secara kritis dan ilmiah; meningkatkan kreativitas dan memotivasi mahasiswa dalam menyusun karya tulis ilmiah; memberikan penghargaan atas kreativitas mahasiswa; meningkatkan kualitas generasi muda melalui penulisan karya tulis ilmiah.

Dari tema tersebut, kemudian dijabarkan kembali menjadi lebih rinci dalam beberapa sub-tema yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan, pertanian dan pangan, energi. Persiapan yang memakan waktu selama hampir 8 bulan, dilaksanakan dengan beberapa rangkaian susunan acara, dimulai dari pendaftaran dan pengiriman absrak, pengiriman fullpaper sampai pada tahap final. Pendaftaran dan pengiriman abstrak dilaksanakan pada tanggal 22 April 2018 – 20 Mei 2018. Pengiriman fullpaper pada tanggal 29 Mei 2018 – 7 Juni 2018. Dan terakhir tahap final dilaksanakan pada tanggal 11 – 12 Agustus 2018.

Pelaksanaan Final diikiti oleh 10 tim dari berbagai universitas di Indonesia, yaitu :

  1. Universitas Sriwijaya (Palembang, Sumatera Selatan)
  2. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (Surabaya, Jawa Timur)
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Surabaya, Jawa Timur)
  4. Universitas Diponegoro (Semarang, Jawa Tengah)
  5. Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta)
  6. Universitas Siliwangi (Tasikmalaya, Jawa Barat)
  7. Universitas Negeri Yogyakarta (Yogyakarta)
  8. Universitas Jenderal Soedirman (Purwokerto, Jawa Tengah)
  9. Universitas Airlangga (Surabaya, Jawa Timur)
  10. Universitas Brawijaya (Malang, Jawa Timur)

Tahap final dilaksanakan selama 2 hari, hari Sabtu dan Minggu, 11-12 Agustus  2018. Tanggal 11 technical meeting finalis yang bertempat di aula Hotel Rinjani Semarang, yang sekaligus menjadi tempat menginap seluruh finalis. Pada technical meeting tersebut dilakukan pembahasan peraturan dan hal-hal lain pada saat final. Keesokan harinya, final yang bertempat di gedung D4 lantai 3 ruang 327. Dihadiri dan dibuka langsung oleh Dekan FMIPA UNNES Prof. Dr. Zaenuri, S,E., M.Si, Akt, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FMIPA UNNES Prof. Dr. Sudarmin, M.Si., Pendamping Himamia FMIPA UNNES Willy Tirza Eden, M.Sc., Apt.

Presentasi finalis dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama presentasi karya ilmiah peserta selama 20 menit dan sesi tanya jawab oleh juri selama 15 menit. Juri pada tahap final ada 3, yaitu : Dra. Sri Mursiti, M.Si. dari jurusan Kimia FMIPA UNNES, Andin Vita Amalia, S.Si., M.Sc. dari Jurusan Ilmu Pengetahuan Alam FMIPA UNNES, dan Arimaz Hangga ST, M.T. dari Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNNES.

Hari kedua, pengumuman juara 1, 2, 3, 4 dan 5 pada hari Minggu, dan dari hasil rekapitulasi nilai oleh juri dan panitia, berdasarkan penilaian dari nilai fullpaper karya tulis ilmiah dan nilai presentasi pada hari pertama. Maka diumumkan juara 1 diperoleh oleh Universitas Brawijaya dengan Ketua tim Rovita Putri Kesintan dan 2 anggota Mochammad Bakhrul Amiq dan Anang Prayitno. Juara 2 oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Juara 3 oleh Universitas Airlangga Surabaya. Juara 4 oleh Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Juara 5 oleh Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Selesainya pengumuman juara yang dihadiri oleh Kaprodi Kimia FMIPA UNNES, Dr. Jumaeri, M.Si. yang sekaligus memberikan piala dan tabanas kepada juara. Dilanjutkan acara fieldtrip ke 2 tempat wisata di Semarang, yaitu Lawang Sewu dan Maerakaca. Sampai selesai seluruh finalis pulang ke universitas masing-masing.