OKINES 2018

OKINES 2018

 

Kegiatan Olimpiade Kimia Universitas Negeri Semarang (Okines) SMA Sederajat Tingkat Nasional Tahun 2018 merupakan program kerja yang rutin dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia (Himamia) FMIPA UNNES khususnnya Departemen Penalaran dan Keilmiahan. Kegiatan ini merupakan lomba cerdas cermat mata pelajaran Kimia yang menggunakan game edukasi sebagai ciri khas Okines. Pertama kali diadakan tahun 1992 yang pada saat itu merupakan satu-satunya kegiatan yang berisi lomba mata pelajaran kimia.

 

Olimpiade Kimia Universitas Negeri Semarang (Okines) SMA Sederajat Tingkat Nasional Tahun 2018 memiliki tema “FLAVONOID: Find Knowledge and Advantage of Health Trough Chemistry Olympiad. Pada era globalisasi masalah kesehatan tengah menjadi masalah yang serius di masyarakat. Seringkali masyarakat terserang berbagai penyakit akibat  gaya hidup yang tidak sehat. Perkembangan gaya hidup manusia pada zaman ini menyebabkan marak tersebar obat obatan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Persoalan yang dihadapi saat ini adalah bagaimana mengatasi masalah kesehatan yang baik dengan meminimalisir penggunaan bahan kimia berlebihan dan memanfaatkan kembali tumbuhan yang ada di sekitar. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa penggunaan bahan kimia berlebih dalam obat-obatan sering digunakan untuk mempercepat penyembuhan dengan efek samping yang membahayakan.  Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa dan menumbuhkan rasa pengabdian mahasiswa terhadap dunia pendidikan sesuai dengan disiplin ilmu.

 

Olimpiade Kimia Universitas Negeri Semarang (Okines) SMA Sederajat Tingkat Nasional Tahun 2018 diselenggarakan dengan sistem regional yang tersebar di 15 wilayah meliputi Lampung, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Semarang, Kudus, Surabaya, Kediri, dan Bali. Okines 2018 terdiri dari tiga tahap seleksi yaitu, seleksi tahap I yang dilaksankan pada tanggal 30 September 2018 di 15 regional dengan jumlah peserta 428, seleksi tahap II dan babak final (praktikum, game okines, soal rebutan) dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2018 kampus FMIPA UNNES.

 

Juara I diraih oleh SMA Kimia Bogor, juara II diraih oleh SMA Karangturi Semarang, juara III diraih oleh SMA Kharisma Bangsa Yogyakarta, juara harapan I diraih oleh SMA IGS Palembang dan juara harapan II diraih oleh MAN 2 Kota Malang.