Menu
Woocommerce Menu

OPENING TIKIP 2017

Opening TIKIP adalah kegiatan orientasi mehasiswa baru (maba) yang ada ditingkat jurusan. TIKIP sendiri adalah kepanjangan dari Temu Ilmiah Kimia Populer. Dimana dalam TIKIP ini berlangsung beberapa kegiatan, mulai dari Opening TIKIP, Inspect, Siklik, Chemshow dan Kovalen. Opening TIKIP ini merupakan kegiatan pembuka dari serangkaian acara TIKIP. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa baru Jurusan Kimia dapat mengenali dan mengetahui lebih dalam lagi tentang Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang beserta elemen-elemen yang ada didalamnya, seperti dosen-dosen, laboratorium, perpustakaan serta organisasi-organisasi yang ada di Jurusan Kimia ini.
Opening TIKIP 2017 berlangsung selama 2 hari. Yang pertama yaitu pada Hari Kamis tanggal 24 Agustus 2017 dengan agenda pengukuhan Mahasiswa Baru dengan pembacaan ikrar mahasiswa, pengenalan dosen dan jurusan oleh ketua jurusan Inu Nanik Wijayati, pengenalan laboratorium oleh ketua laboratorium Ibu Sri Susilogati dan pengenalan perpustakaan oleh ketua perpustakaan Ibu Maretha Indriyani. Kemudian dilanjut dengan kegiatan Lab Expedition, dimana mahasiswa baru diajak langsung mengunjungi tiap-tiap laboratorium yang ada di Jurusan Kimia FMIPA Unnes ini. Saat kegiatan OT hari pertama, ada 2 orang maba yang sakit, ini disebabkan karena mereka belum sarapan. Selanjutnya pelaksanaan OT hari kedua, yakni Hari Sabtu tanggal 26 Agustus 2017 dengan agenda Sekolah Ikahimki (seika). Seika ini bertujuan untuk mengenalkan Ikahimki (Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia Indonesia) kepada Mahasiswa Baru. Pengenalan Ikahimki disampaikan oleh koordinator wilayah III Ikahimki, mas Ahmad Dzikrullah dari Undip, lalu dilanjut dengan pengenalan himpunan mahasiswa kimia dari tiap-tiap universitas se-Jateng dan DIY. Tidak hanya Seika, OT hari kedua juga diisi presentasi dari Adfin, pengenalan komunitas departemen Bakat Minat dan perekrutan panitia Okines. Pada pelaksanaan OT hari kedua terdapat sedikit kendala, yaitu terjadi pemadaman listrik di wilayah unnes yang menyebabkan panitia sedikit panik. Namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan genset sehingga acara tetap dapat berlangsung.
Hasil yang dicapai dari kegiatan OT ini ialah Mahasiswa Baru jadi mengetahui beberapa dosen yang ada di jurusan kimia, mengetahui letak dan bagaimana keadaan di dalam tiap-tiap laboratorium, serta mengetahui teknis perpustakaan dan organisasi yang terdapat di Jurusan Kimia FMIPA Unnes. Selain itu terlihat antusiasme mahasiswa baru selama mengikuti kegiatan Opening Tikip, bahkan sampai akhir beberapa Mahasiswa Baru tak sedikit yang menyapa dan menjabat tangan saya.