OPENING TIKIP XXVII

Opening Tikip XXVII adalah salah satu program kerja dari Departemen D (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) yang merupakan acara pembukaan kegiatan serangkaian tikip sekaligus penyambutan mahasiswa baru jurusan kimia 2018. Opening Tikip XXVII mengusung tema “Create The Good Generation To Prove Collaboration And Competition Science In Chemistry” yang artinya mencetak generasi hebat yang mendukung perkembangan ilmu, ikut serta berkolaborasi dan berkompetisi di bidang kimia. Dengan begitu, diharapkan mahasiswa baru jurusan kimia akan tergugah jiwa dan pikirannya untuk ikut serta mendukung kemajuan ilmu di bidang kimia, membawa nama baik jurusan kimia FMIPA UNNES di kancah nasional maupun internasional.

Opening Tikip XXVII berlangsung selama 2 hari yaitu 10 Agustus dan 18 Agustus 2018 dimulai dari pukul 06.00-11.45 WIB. Pada hari pertama terdapat beberapa agenda yaitu pembukaan acara Opening Tikip XXVII, pembacaan ikrar oleh mahasiswa baru yang saling berpegangan pundak, dan perkenalan dosen kimia yang dipimpin oleh Kepala Jurusan Kimia. Lalu dilanjutkan dengan pengenalan perpustakaan dan laboratorium, serta kunjungan ke 5 laboratorium kimia yang dilakukan secara bergilir. Di hari kedua, agenda dimulai dengan mini eksperimen oleh mahasiswa baru dengan 3 juri yang menilai, dilanjutkan dengan pemaparan materi Pendidikan Karakter oleh Imam Syafi’i dan promosi oleh Biro Administrasi Finansial, Departemen Bakat dan Minat, serta kepanitian Okines dari Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAMIA). Setelah itu, terdapat pemaparan materi Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia Indonesia (IKAHIMKI) dan perkenalan anggota IKAHIMKIĀ  yang dipimpin oleh Koordinator Wilayah III serta dilaksanakan Forum Group Discussion (FGD) antara mahasiswa baru dan anggota IKAHIMKI yang dilakukan di luar ruangan. Acara diakhiri oleh 14 mahasiswa baru berbaris di depan dengan masing-masing mahasiswa memegang sebuah kertas merangkai kalimat “OPENING TIKIP XXVII”.

Dalam acara Opening Tikip XXVII ini membuat mahasiswa baru jurusan Kimia 2018 mengenal jurusan kimia beserta elemen-elemennya, laboratorium kimia beserta komponen-komponennya, serta mengenal Himpunan Mahasiswa Kimia. Selain itu, dengan adanya acara Opening Tikip XXVII ini mahasiswa baru akan saling mengenal lebih dekat dan saling bekerja sama serta mereka akan mengenal dunia perkuliahan terutama di jurusan Kimia, Universitas Negeri Semarang.