PAMITAN WISUDA PERIODE II 2017

Dalam kehidupan akan selalu ada awal dan akhir namun dalam akhiran itu bisa menjadi sebuah awalan dengan sesuatu yang baru begitu juga dalam perkuliahan. Untuk melepas kelulusan mahasiswa di suatu universitas sebagai tanda penyelesaian studi diadakan acara perpisahan wisuda tingkat jurusan. Di jurusan kimia perayaan kelulusan wisudawan dan wisudawati serta perpisahan dengan dosen biasanya disebut dengan pamwis atau pamitan wisuda. Pamwis merupakan program kerja himamia FMIPA Unnes periode 2017, khususnya departement C (Advokasi dan kesejahteraan mahasiswa).

Pamwis periode II 2017 dilaksanakan pada hari jumat, 14 juli 2017 di Hotel Siliwangi. Acara dimulai pukul 08.30. acara pertama yaitu pembukaan yang dibuka oleh ketua jurusan kimia Dr. Nanik Wijayanti, M.Si. Acara selanjutnya yaitu pembacaan janji wisudawan yang dilaksanakan secara khidmad dipimpin oleh koordinator wisudawan Emas Agus Prastyo Wibowo, S.Si. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman wisudawan cumlaude dan pemberian sertifikat serta slempang  dari fakultas yang diberikan secara langsung oleh Dekan FMIPA Unnes Prof. Dr. Zaenuri, S.E.,M.Si, Akt. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman wisudawan terbaik prodi kimia dan pendidikan kimia serta pemberian plakat kepada wisudawan terbaik, wisudawan terbaik prodi kimia diraih oleh Aya Sofia, S.Si. Sedangkan wisudawan terbaik prodi pendidikan kimia diraih oleh Irene Wardhani Kusuma, S,Pd. Selanjutnya pemberian motivasi oleh motivator yang sangat menarik yaitu Mahmud Kuncahyo, S.Pd. Sebelum memasuki acara puncak dilakaukan pemberian plakat kepada masing-masing wisudawan/wisudawati dan dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan dari wisudawan kepada jurusan yang diterima oleh Dr. Nanik Wijayanti, M.Si. Pada acara puncak yaitu dengan persembahan musikalisasi puisi dengan perwakilan beberapa wisudawati yang membacakan puisi. Dilanjutkan dengan acara makan bersama yang diiringi oleh grup akustik buffer dari komunitas musik kimia. acara yang paling ditunggu dan merupakan inti dari acara pamwis adalah pamitan antara wisudawan dengan dosen dengan salam-salaman dan acara semakin meriah dengan adanya foto bersama antara dosen dengan wisudawan. Pada acara terakhir yaitu doa penutup dan dilanjut dengan penulisan kertas kesan pesan oleh wisudawan/wisudawati.

Hasil yang diperoleh dari acara pamitan wisuda yaitu terjalin silaturahmi antara dosen dengan wisudawan/wisudawati. Dari jumlah wisudawan periode II 25 wisudawan dari prodi pendidikan kimia dan  wisuadawan prodi kimia, 15 wisudawan menghadiri acara pamitan wisuda. Tetapi hanya ada 9 dosen yang dapat hadir dikarenakan ada jadwal kuliah pada hari dan jam tersebut. Dari hasil kertas kesan pesan wisudawan merasa puas dan bahagia pada acara pamwis II 2017.