PAMITAN WISUDA PERIODE IV 2018

Ketika akhir sebuah perjalanan akan menjadi awal perjalanan yang lain, dan sebuah perpisahan akan menjadi pertemuan dengan sesuatu yang baru. Tak terkecuali dalam kehidupan perkuliahan di Universitas. Oleh karena itu, untuk melepas kelulusan mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya, perlu kiranya diadakan suatu acara perpisahan wisuda ditingkat jurusan agar berkesan bagi para wisudawan maupun wisudawati. Perayaan kelulusan wisudawan/wisudawati Jurusan Kimia dan perpisahan dengan dosen biasanya disebut dengan pamwis. Pamitan Wisuda (Pamwis) merupakan program kerja Himamia FMIPA UNNES periode 2018, khususnya Departemen C (Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa).  Program kerja tersebut merupakan hasil rapat kerja Himamia FMIPA UNNES 2018.

Pamwis periode IV 2018 dilaksanakan pada hari Senin, 12 November 2018 di Hotel Grasia. Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB. Acara pertama yaitu pembukaan yang dibuka oleh Ketua Jurusan Kimia Dr.  Nanik  Wijayati, M.Si. Acara pembukaan juga diisi dengan penampilan tari tradisional oleh mahasiswa kimia dari komunitas tari kimia. Acara selanjutnya yaitu pembacaan janji wisudawan yang dilaksanakan secara khimad dipimpin oleh koordinator wisudawan M. Nurul Setyawan, S.Si. Dilanjutkan dengan pemberian plakat kepada wisudawan baik prodi kimia maupun prodi pendidikan kimia. Wisudawan terbaik prodi kimia diraih oleh Miftah Al Azizah, S.Si dan wisudawan terbaik prodi pendidikan kimia diraih oleh Navela, S.Pd. Selain mendapatkan sertifikat dari jurusan wisudawan terbaik juga mendapatkan sertifikan dan plakat dari fakultas. Pihak fakultas juga memberikan selempang dan sertifikat kepada mahasiswa yang mendapatkan IPK cumlaude. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian motivasi oleh Bapak M. Alauhdin yang sangat menarik dan bisa memotivasi pendengar. Memasuki acara punacak yaitu wisudawan membacakan sebait dua bait puisi yang ditujukkan kepada dosen, dilanjutkan dengan menyanyikan beberapa lagu dari wisdawan periode IV 2018. Acara pamwis semakin meriah dengan adanya foto bersama antara dosen dan wisudawan. Dilanjutkan dengan acara makan bersama yang diiringi oleh komunitas musik kimia. Acara yang paling ditunggu dan merupakan inti dari pamitan wisuda yaitu salam-salaman antara dosen dan wisudawan sebelum para dosen meninggalkan tempat acara. Selanjutnya acara yang terakhir yaitu penulisan kertas kesan pesan selama mengikuti pamwis dan dilanjtkan dengan do’a penutup.

Hasil yang diperoleh dari acara pamitan wisuda yaitu terjalin siaturahmi antara dosen dengan wisudawan. Dari jumlah wisudawan periode IV 2018 adalah 43 wisudawan yaitu 8 wisudawan dari prodi kimia dan 35 wisudawan dari prodi pendidikan kimia. Hanya 8  dosen yang dapat menghadiri acara pamwis dikarenakan ada jadwal kuliah pada hari dan jam tersebut. Dari hasil keras kesan pesan wisudawan merasakan puas dan bahagia pada acara pamwis IV 2018