Cepi Kurniawan: Doktor Baru Jurusan Kimia UNNES

cepi

Cepi Kurniawan, dosen Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang (FMIPA Unnes), meraih gelar Doctor of Science dari Graduate School of Sciences and Engineering, Hokkaido University, Jepang. Pria kelahiran Bandung, 11 April 1981 ini berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Spectroelectrochemical study of electron transfer steps at ITO electrode modified by molecular layer with viologen moieties and Pt complexes” di bawah bimbingan Prof. Kohei Uosaki dan Prof. Hidenori Noguchi. Penelitian untuk disertasinya diselesaikan di Nanointerface laboratory at National Institute of Material Science (NIMS). Dalam penelitiannya, beliau mengkaji aspek fundamental pada proses katalisis pemecahan air yang menggunakan katalis molekuler terimobilisasi. Hasil penelitian ini sangat penting untuk mengetahui aspek-aspek molekuler sehingga dapat meningkatkan efisiensi katalitik dalam produksi gas hidrogen sebagai bahan bakar alternatif di masa mendatang.
Saat ini saudara Cepi Kurniawan termasuk dalam kelompok bidang keahliah (KBK) kimia anorganik di Jurusan Kimia FMIPA UNNES.  Segenap dosen dan kelaurga besar Fakultas MIPA dan UNNES  mengucapkan selamat atas keberhasilan saudara Cepi Kurniawan dan keluarganya. Mudah-mudahan keberhasilan doktor ini akan memperkokoh UNNES sebagai rumah ilmu pengembang peradaban yang unggul dan membumi.

Sumber: http://mipa.unnes.ac.id/?staff=cepi-kurniawan-dosen-kimia-raih-doktor-dari-hokkaido-university-jepang