Jurusan Kimia UNNES Sukses Menyelenggarakan Seminar Nasional

Pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016, Jurusan Kimia FMIPA UNNES sukses menyelenggarakan Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia (SNKPK) 2016 bertempat di Hotel Grasia, Jl. S. Parman No 29 Semarang. Tema yang diusung kali ini, pada Seminar yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun ini, bertajuk (i) Penguatan Kerjasama antara Peguruan Tinggi, Lembaga Penelitian, dan Industri untuk Penciptaan Nilai Tambah Minyak Atsiri Indonesia, dan (ii) Penilaian Autentik untuk Penguatan Karakter, Sikap dan Keterampilan Siswa. Tema pertama selaras dengan telah berdirinya Pusat Kajian Minyak Atsiri di Jurusan Kimia UNNES, sedangkan tema kedua selaras dengan upaya penyelenggaraan kurikulum UNNES 2015 yakni sesuai KKNI dan berciri konservasi.

ketua-panitia

Ketua panitia SNKPK 2016, Dr. Murbangun Nuswowati, M.Si (tengah) menyerahkan cinderamata kepada Pembicara Martsiano Wija Dirgantara (CBDO PT. Etherische Olie International, suatu perusahaan minyak atsiri bertaraf Internasional), dan Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si (Pakar minyak atsiri Jurusan Kimia Unnes).

Hadir dalam seminar nasional itu antara lain narasumber Martsiano Wija Dirgantara, S.Si (CBDO PT. Etherische Olie International, suatu perusahaan minyak atsiri bertaraf Internasional), Drs. R. Witjaksono, M.A., M.Phil (Pakar Pendidikan dari Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang-Kemdikbud Jakarta), dan Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si (Pakar minyak atsiri Jurusan Kimia Unnes).

Peserta yang hadir dalam Seminar ini antara lain: Pendidik dan Peneliti dari berbagai perguruan tinggi, pemerhati bidang kimia, dan industri yang berhubungan dengan pengembangan dan pengelolaan minyak atisiri, Tenaga Pendidik pada Ilmu Kimia, Guru Kimia khususnya dan Sains pada umumnya serta Mahasiswa kimia dan pendidikan kimia. Peserta berjumlah 215 orang yakni 45 pemakalah dan 170 peserta, antara lain dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Jember, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Unsoed Purwokerto, Universitas Diponegoro Semarang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Walisongo Semarang, STIFAR Semarang, dan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sponsor kegiatan Seminar Nasional ini, antara lain PT DitekJaya, Pusat Kajian Minyak Atsiri Jurusan Kimia UNNES, KSP Karya Industri Nusantara, KSP Pangestu Juwana Pati, CV KIN Ganesha, CV KIN Pangestu, PT. Genecraft Labs, PT. Mitra Karya Analitika, DPRD Kota Semarang, dan Zie Batik.

SNKPK 2016 ini dibuka oleh Dekan FMIPA UNNES, Prof. Dr. Zaenuri, S.E., M.Si., Akt yang menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat berguna dalam mengkomunikasikan dan menjadi fasilitasi interaksi profesional antar komunitas Kimia maupun Pendidikan Kimia di Indonesia untuk saling bertukar pikiran, pengetahuan, pengalaman, dan gagasan, mengakselerasi pengembangan penelitian terkini di bidang Kimia dan Pendidikan Kimia dalam konteks penciptaan nilai tambah minyak atsiri Indonesia, serta pengembangan penilaian autentik untuk meningkatkan karakter, sikap dan keterampilan siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *