SNKPK: Gerbang Publikasi Mahasiswa Kimia

 

Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia (SNKPK) diselenggarakan pada hari Sabtu (14/10/2017). Kegiatan SNKPK merupakan acara tahunan Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang. Pada tahun 2017 ini, seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, SNKPK menghadirkan narasumber dari bidang Kimia dan Pendidikan Kimia.

Acara tersebut mengusung tema “Optimalisasi Pemanfaatan Bahan Alam Berwawasan Konservasi” menghadirkan dua narasumber di bidang Kimia yaitu Dr. Ilma Nugrahani, M.Si., Apt. dari Kelompok Keahlian Farmakokimia Sekolah Farmasi, Institut Teknologi Bandung dan Cipung Dian Rindiarto, S.T. dari PT. Indokemika Jayatama, serta satu narasumber di bidang Pendidikan Kimia yang memaparkan tema “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran dalam Konteks dan Kontens Pendidikan Karakter” yaitu Dr. Endang Susilaningsih, M.S. yang merupakan tuan rumah sendiri.

Ketua Panitia, Dr. Sri Mursiti, M.Si., menyatakan bahwa seminar ini memberikan ruang dan kesempatan kepada para pendidik, peneliti, pemerhati bidang Kimia dan Pendidikan Kimia, industri, dan mahasiswa untuk saling bertukar informasi serta menyampaikan hasil risetnya yang sangat berharga agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kedua tema tersebut diambil sebagai langkah nyata untuk mendukung Universitas Negeri Semarang sebagai Universitas Konservasi yaitu konservasi sumber daya alam dan konservasi nilai dengan tetap melaksanakan pendidikan karakter. Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Universitas Negeri Semarang, Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si., diikuti oleh 373 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, berlangsung di Gedung Dekanat FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Dr. Ilma Nugrahani, M.Si., Apt., sebagai narasumber pertama memaparkan hasil penelitiannya dengan judul “Sebuah Pengantar: Analisis Padatan sebagai Metode yang Andal dan Komprehensif untuk Penetapan Struktur dan Kadar Senyawa Kimia dan Bahan Obat.” Beliau memaparkan bahwa sebuah analisis bahan kimia untuk menetapkan struktur maupun kadarnya,  sampel tidak harus berupa larutan, sampel padatan pun bisa digunakan. Beliau juga memberikan contoh dengan senyawa kafein yang dibawakan secara menarik.

Narasumber kedua dari PT. Indokemika Jayatama yaitu Cipung Dian Rindiarto, S.T., memaparkan lebih kepada tempatnya bekerja, bahwa PT. Indokemika Jayatama menghasilkan produk yang diolah dari bahan alam. Kedua narasumber dari bidang Kimia ini mampu membawakan materi dengan menarik. Buktinya banyak peserta pendengar yang antusias dan banyak bertanya.

Narasumber terakhir, Dr. Endang Susilaningsih, M.S. dari bidang Pendidikan Kimia memaparkan materinya yang berjudul “Kontribusi Model Evaluasi Program, Estimasi Validitas dan Reliabilitas Instrumen dalam Penelitian Pendidikan.” Beliau memaparkan bahwa estimasi validitas dan reliabilitas yang dilakukan oleh para peneliti pendidikan hanya digunakan untuk instrumennya saja, sedangkan evaluasinya belum teruji. Seharusnya dalam penelitian pendidikan, instrumen maupun evaluasi memiliki validitas dan reliabilitas, dengan kata lain keduanya harus diuji.

Sesi paralel merupakan kesempatan untuk para peneliti menyampaikan gagasan dan hasil penelitiannya. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang, sebagai tuan rumah SNKPK menyediakan media publikasi hasil penelitian di bidang Kimia maupun Pendidikan Kimia dengan skala nasional. Acara ini khususnya ditujukan untuk mahasiswa Kimia UNNES mempublikasikan hasil penelitiannya, dapat berupa hasil karya ilmiah, program kreativitas mahasiswa (PKM), maupun skripsi. Kegiatan SNKPK tidak menutup kemungkinan juga terbuka bagi mahasiswa yang mencari pengetahuan maupun ide untuk penelitian, atau bahkan mengembangkan penelitian yang sudah ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *