Dosen Kimia meningkatkan harga jual minyak atsiri di Jawa Tengah

Pada bulan Oktober ini tiga orang dosen kimia FMIPA Unnes yaitu Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si. Bersama Dante Alighiri, S.Si., M.Sc. dan Willy Tirza Eden, M.Sc., Apt  menunjukkan prestasi yang membanggakan yaitu berhasil meningkatkan nilai jual minyak daun cengkeh di Jawa Tengah melalui program IbM tahun 2017.

Program Ipteks bagi masyarakat (IbM) adalah program tahunan dari Dikti berupa penelitian yang diarahkan untuk mengembangkan imu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Boyolali yang merupakan daerah strategis segitiga wilayah Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar) yang memiliki rumah produksi minyak daun cengkeh yang cukup besar yaitu mampu mengolah 1-ton daun cengkeh per hari, Akan tetapi dengan peralatan yang kurang memadai, minyak daun cengkeh yang dihasilkan di daerah ini memiliki kualitas dan harga yang rendah.

Maka dari itu tim yang mewakili Jurusan Kimia Unnes ini bekerjasama dengan mitra berhasil menaikkan kualitas minyak daun cengkeh hingga melampaui Standar Permintaan Market Internasional terutama pada kandungan eugenol yang semula 68% meningkat hingga 80,58%, hal ini tentu mempengaruhi daya jual minyak daun cengkeh yang memiliki standar market internasional sebesar 80%

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *