Laboratorium

Laboratorium Jurusan Kimia berfungsi sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar dan penelitian bagi mahasiswa maupun dosen. Bangunan fisik laboratorium kimia terdiri atas 3 lantai yang terdiri dari laboratorium Kimia Dasar, laboratorium Kimia Anorganik dilantai 1, laboratorium Kimia Analitik, laboratorium Kimia Fisika dilantai 2, laboratorium Kimia Organik dan Biokimia, Ruang Instrument, dan laboratorium Komputasi dilantai 3, serta ruang referensi. Luas laboratorium adalah 1204,65 m2 .

Laboratorium Kimia Unnes dipimpin oleh seorang Kepala Laboratorium yang dibantu oleh 6 dosen yang berperan sebagai pengelola masing-masing sub laboratorium, yaitu Laboratorium.

m Kimia Dasar, Kimia Anorganik, Kimia Analitik, Kimia Fisika, Kimia Organik–Biokimia, Komputasi, dan microteaching, 2 laboran dan 5 teknisi.

Di samping sebagai tempat pelayanan praktikum bagi mahasiswa S1 Jurusan Kimia, tempat penelitian dosen dan mahasiswa, Laboratorium Kimia juga melayani praktikum dan penelitian dari pihak luar seperti: praktikum untuk mahasiswa Akbid, Akper dan STIKES, penelitian mandiri dan penelitian PKM. selain itu, Laboratorium Kimia juga melayani analisis kualitatif/ kuantitatif untuk berbagai jenis sampel, pemrograman komputer, pembuatan KIT praktikum SMP/SMA/MA dan Media Pembelajaran (CD). pembimbingan program kreativitas siswa (KIR), olimpiade sains,

Laboratorium kimia juga sudah memiliki instrument analisis yang memadai diantanranya AAS perkin elmer Analyse 100, Bomb Calorimeter Parr Inst, GC Agilent 6820, BET/SAA Quantachrome 1200e, FTIR Alpha Series Bruker, ICP-AES Shimadzu, UV-Vis WTW Photolab, UV-mini 1420 Shimadzu, Spectrofotometer HACH, Spektrofotometer Genesys, dan alat lain yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan penelitian. Setiap ruang tersambung oleh jaringan internet yang terhubung langsung dengan BPTIK Unnes.



Komentar dan Pesan

 240 total views,  4 views today