Mahasiswa Kimia FMIPA UNNES Perkenalkan Budaya Indonesia di Taiwan

Dalam rangka memperkenalkan budaya Indonesia ke masyarakat luar negri, kali ini salah satu mahasiswa kimia FMIPA UNNES kembali berpartisipasi dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional yang dilaksanakan di sembilan negara, salah satunya adalah Taiwan. Program PPL Internasional merupakan kegiatan mengajar dan belajar yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang bagi seluruh mahasiswa jurusan kependidikan. Melalui PPL Internasional ini, Anastasia perkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Taiwan.

Kegiatan yang di lakukan oleh mahasiswa PPL Internasional meliputi kegiatan mengajar di sekolah, pertukaran budaya dengan masyarakat asing, dan pengenalan budaya Indonesia. Selama dua bulan pula Anastasia berkesempatan untuk mengajar di sekolah menengah pertama Anping Junior High School. Selain itu kesempatan untuk bertukar budaya secara langsung juga dia dapatkan dengan tinggal bersama dengan keluarga asli Taiwan (host family), dari situlah pertukaran budaya berlangsung. Dari mulai kebiasaan sehari-hari dan bahasa asli Taiwan. Merasakan bagaimana hidup di tengah-tengah keluarga dengan aktivitas yang berbeda, merasakan bagaimana masyarakat Taiwan memperlakukan orang asing dengan sangat baik membuat kegiatan PPL ini semakin berkesan. Dalam masa PPL Internasional tersebut banyak sekali hal-hal yang di dapatkan dari mulai pengalaman mengajar dalam bahasa inggris, kesempatan untuk belajar kebiasaan dan kebudayaan secara langsung dengan masyarakat Taiwan, mendapatkan relasi dan keluarga baru serta berkunjung ke berbagai tempat di Taiwan.

Selama mengajar di Anping Junior High School, Anastasia ditemani oleh dua orang dari negara Austria dan Jerman yang juga sedang masa volunteer di Taiwan. Selain kegiatan yang di dapat tersebut, Anastasia juga menyebarkan budaya Indonesia. Dengan memperkenalkan masyarakat setempat dan masyarakat asing dengan berbagai kegiatan yang bertema Indonesia yang terdiri dari Pawai Bersama, Pengenalan Batik, dan Pengenalan Tari-Tarian serta wisata Indonesia. Hal ini menjadikan kegiatan PPL Internasional ini lebih memiliki arti dan bermakna.

Kegiatan pengenalan budaya ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat luar negeri mengenai keberagaman budaya di Indonesia. Selain itu untuk menjalin proses relasi antara satu negara dan negara yang lain. Antusiasme dari masyarakat Taiwan menjadikan proses pengenalan budaya ini semakin bermakna.

Kegiatan pengenalan budaya yang di ikuti oleh para siswa dan guru tersebut  berhasil mengundang minat masyarakat Taiwan untuk belajar dan mencicipi kebudayaan khas Indonesia. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu media untuk memperkenalkan budaya Indonesia, tidak hanya terbatas pada gerakan saja namun juga filosofi dari berbagai budaya Indonesia seperti tari-tarian dan batik yang dipaparkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.