Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa Kimia Jurusan Kimia FMIPA UNNES Tahun 2018

Program Saudara Satu Negara Sabah Malaysia 25-27 Oktober 2018

Adi Wahyu Arzanto

Saudara Satu Negara merupakan Program berbasis pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh organisasi bernama Saudara Satu Negara dengan dua tempat yang berbeda, yaitu Kuala Lumpur dan Sabah. Adi yang juga merupakan mahasiswa aktif Jurusan Kimia UNNES ini terpilih dalam program Saudara Satu Negara di daerah Sabah. Ia berhasil lolos seleksi program yang diikuti ratusan mahasiswa di seluruh Indonesia. Program diselenggarakan pada tanggal 25-27 Oktober 2018 di daerah Sabah Malaysia, berfokus pada sebuah sekolah bernama Community Learning Center (CLC) Lumadang dan para pekerja di ladang kelapa sawit di daerah tersebut. Program ini bertujuan untuk membimbing dan menginspirasi tunas bangsa  di negeri tetangga, memberikan kesadaran untuk Cinta Tanah Air dan Pancasila, serta memberikan penyuluhan terkait pendidikan dan cinta menabung agar mereka semangat kembali ke tanah air. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam program Saudara Satu Negara Sabah yaitu Youth Inspiration; Indonesian Camp; pembuatan pohon Inspirasi; dan program penyuluhan kepada orangtua dan anak TKI di Sabah.

  1. Youth Inspiration

Youth Inspiration merupakan kegiatan dari Saudara Satu Negara Sabah yang bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Sabah melalui sebuah cerita terkait pendidikan dan kehidupan di Indonesia. Kemudian anak-anak TKI diminta untuk menuliskan mimpi-mimpinya dalam sebuah kertas.

  1. Indonesian Camp

Indonesian Camp merupakan kegiatan dari Saudara Satu Negara Sabah yang bertujuan untuk mengenalkan sejarah Indonesia dan kebudayaan dari berbagai tempat di Indonesia. Adi yang merupakan mahasiswa asal Kota Pekalongan mengenalkan kebudayaan dan pariwisata di daerah kota Pekalongan kepada anak-anak TKI yang disambut antusiasme oleh anak-anak TKI

  1. Pembuatan Pohon Inspirasi

Kegiatan pembuatan pohon inspirasi merupakan keberlanjutan dari tulisan mimpi-mimpi anak-anak TKI yang ditempelkan pada dinding sekolah. Dinding sekolah dicat berbentuk pohon, kemudian mimpi-mimpi anak TKI dalam kertas tersebut ditempelkan pada dinding sekolah berbentuk pohon.

  1. Program penyuluhan kepada orangtua dan anak

Program penyuluhan ini bertujuan untuk berbagi inspirasi sekaligus memberikan sebuah penyadaran kepada orangtua dan anak-anak bahwa pendidikan bagi anak-anak sebagai tunas bangsa adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan kelak sebagai bekal pada masa yang akan datang, sehingga pada masa yang akan datang, anak-anak TKI dapat lebih berguna bagi agama, nusa, dan bangsa Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.