5 MAHASISWA JURUSAN KIMIA FMIPA UNNES MENGIKUTI PELTAC 2019 DI MALAYSIA

Sebanyak 5 mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UNNES mengikuti kegiatan Professional, Engineering, Leadership, Teamwork and Awareness Camp (PELTAC) 2019 pada tanggal 13 – 17 Januari 2019. Kegiatan ini diadakan oleh Fakulti Kejuruteraan Mekanik, Universiti Teknologi Malaysia, Skudai, Johor, Malaysia.

PELTAC adalah sebuah kegiatan yang telah melatih, mendidik, memotivasi, dan meningkatkan profesionalisme di kalangan mahasiswa dari Malaysia dan sekitarnya. Peserta yang ditargetkan dalam PELTAC 2019 adalah sebanyak 150 peserta. Peserta dapat terdiri dari sarjana dari Universiti Teknologi Malaysia dan Institut Pembelajaran Tinggi lainnya (baik pemerintah dan swasta) di seluruh Malaysia dan negara-negara tetangga seperti Singapura, Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Tahun ini, PELTAC 2019 mengangkat tema “Break The Shell, Get The Edge”. Tema ini mengajak seluruh peserta untuk keluar dari zona nyaman dan menemukan hal-hal baru di luar sana. Serangkaian kegiatan dalam program PELTAC 2019 dimulai dengan opening ceremony,  kemudian dilanjutkan dengan seminar/workshop, kegiatan kelompok, kompetisi debat, permainan cashflow, kegiatan olahraga outdoor, farewell party, dan ditutup dengan closing ceremony.

Materi-materi seminar yang disampaikan dalam kegiatan PELTAC 2019 antara lain Neuro Linguistic Programming, Primed for Success, Engineering Your Life, Fortifying Young Leaders, dan Cash Flow. Seluruh materi disampaikan oleh pembicara yang sudah sangat kompeten di bidangnya. Selain materi, dilaksanakan pula kompetisi debat. Pada preliminary round mahasiswa kimia telah berhasil memenangkan mosi, akan tetapi belum mendapat kesempatan menjadi best speaker sehingga tidak dapat melanjutkan ke final round.

Selain berbagai materi mengenai profesionalisme, kepemimpinan, kerja sama, dan kepekaan yang telah didapatkan oleh seluruh peserta, banyak hal lain yang dapat dipetik dari kegiatan 5 hari 4 malam ini. Acara ini telah berhasil menghasilkan persahabatan dan persaudaraan lintas negara. Jaringan juga dibangun dalam dinamika PELTAC 2019. Setelah acara ini diharapkan seluruh peserta dapat menjadi agent of change di lingkungannya masing-masing dan keluar dari zona nyaman untuk menemukan dunia baru di luar sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.