Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Antarbangsa di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia

Pada tanggal 1 – 27 Agustus 2019 yang lalu, mahasiswa jurusan Kimia FMIPA UNNES setelah melaksanakan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Antarbangsa di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Program PPL dan KKN dilaksanakan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu dan Community Learning Center (CLC) CERDAS di daerah Sabah.

Pada awal kegiatan, tim UNNES diterima oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di Kota Kinabalu, Bapak Krishna Djaelani. Dalam acara tersebut dilakukan pemaparan kondisi pendidikan di daerah Sabah dan Serawak untuk anak-anak Indonesia. Meskipun program PPL dan KKN ini bertajuk Internasional, sasaran dari program ini merupakan pelajar Indonesia usia SD, SMP, dan SMA di kawasan Sabah, Malaysia. Latar belakang keluarga dari para peserta didik di sana adalah anak-anak dari pahlawan devisa Negara Indonesia, TKI. Tercatat ada sekitar 50 ribu pelajar Indonesia di daerah Sabah dan Serawak, namun hanya sekitar 14 ribu pelajar yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.

Selama 27 hari berada di Kota Kinabalu, banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan oleh Veronica Ayu Refsi Dewindra selaku perwakilan dari Jurusan Kimia FMIPA UNNES dalam program tersebut. Selain kegiatan mengajar di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, ada kegiatan-kegiatan lain di CLC Cerdas. Program tersebut antara lain: kegiatan pengenalan seni pencak silat, fun science, kelas motivasi kebangsaan, dan masih banyak lagi.

Berada di tengah-tengah pelajar Indonesia yang sedang berada jauh dari tanah air merupakan kesempatan langka. Harapan terbesar yang selalu digemakan di hati mereka semua adalah untuk cepat-cepat kembali ke Indonesia. Baik untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia maupun untuk bekerja di negeri sendiri. Jika seluruh pelajar tersebut kembali ke Indonesia, sungguh besar harapan bahwa mata rantai TKI bisa diputuskan.

Selain melaksanakan kegiatan PPL dan KKN, Tim Universitas Negeri Semarang sempat mengunjungi Institus Pendidikan Guru (IPG) Kampus Kent untuk mengikuti seminar mengenai pendidikan. Di sana dilakukan pertukaran informasi tentang pendidikan dan guru di Indonesia dan di Malaysia. Tim UNNES sempat menampilkan persembahan lagu yaitu lagu Indonesia Pusaka dan Prau Layar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.