Kiriman Terbaru

Penetapan Penguji Proposal Prodi Farmasi Angkatan 2019 Penetapan Dosen Pembimbing Skripsi Prodi Farmasi Angkatan 2019 Jadwal Kuliah Selama Ramadhan 1443 H

Pada tangal 2 Juli 2020, Progam Studi Farmasi UNNES mengadakan Webinar Farmasi #2, dengan tema “Strategi Pencapaian Kompetensi Sarjana Farmasi di Era Pandemi”.

Pandemi COVID-19 akan berdampak dari berbagai sektor kehidupan seperti ekonomi, sosial, termasuk juga pendidikan. Hampir 300 juta siswa dan mahasiswa terganggu kegiatan sekolah /perkuliahannya di seluruh dunia dan terancam berdampak pada hak-hak pendidikan mereka di masa depan. Salah satu dampak yang paling dirasakan adalah proses pendidikan bidang kefarmasian.

Pendidikan apoteker secara umum mempunyai tujuan meliputi tiga domain, yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Afektif berkaitan dengan sikap penerimaan, responsif, penilaian, organisasi, dan karakterisasi. Kognitif adalah proses mengetahui kemampuan pada aspek pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, evaluasi dan kreasi. Psikomotor adalah perilaku gerakan dan koordinasi keterampilan motorik meliputi menirukan, manipulasi, presisi, artikulasi dan naturalisasi. Ketiga aspek tersebut sangat berperan dan terhubung erat dalam pendidikan apoteker. Dalam prosesnya seluruh aspek tersebut terjalin dalam satu rangkaian.

Metode pembelajaran pendidikan apoteker secara umum adalah perkuliahan, praktikum, tutorial, keterampilan komunikasi, kegiatan lapangan, kuliah kerja nyata, penelitian, pengabdian masyarakat, skripsi, dan kegiatan ekstra kurikuler.

Dr. Rer. Nat. Adi Nur Cahyono.,M.Pd, staf ahli bidang akademik dan Dosen Jurusan Matematika FMIPA UNNES, menjadi narasumber pertama dengan pemaparan materi yaitu “ Platform media pembelajaran yang cocok selama pandemi”, dan Prof Dr. Ajeng Diantini, M.Si selaku Sekertaris pengurus APTFI 2019-2020 dengan materi “ Strategi pembelajaran farmasi di masa pandemi”

Tujuan dari kegiatan ini adalah menghasilkan rumusan strategi pembelajaran farmasi yang mampu  menjaga kompetensi lulusan, serta mampu menggunakan teknologi dan infomasi yang tepat sasaran, efektif dan efisien di tengah pandemi Covid-19.

Hits: 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.